Profil Desa

31 Januari 2017 19:18:18 WIB

Desa Bogoran Kecamatan Kampak merupakan salah satu dari 152 desa yang berada di wilayah Kabupaten Trenggalek. Kondisi wilayah Desa Bogoran merupakan daerah daratan dan pegunungan dengan ketinggian 149 meter di atas permukaan laut. Dengan koordinat bujur 1110 39’ 41.10 BT dan koordinat lintang 80 10’ 52’ LS. Jumlah total penduduk di Desa Bogoran 4802 orang, dengan 1772 kepala keluarga. Pendidikan masyarakat di Desa Bogoran mayoritasnya adalah tamat SD/sederajat dan mata pencaharian pokok berupa petani.

Desa Bogoran memiliki visi yaitu, terwujudnya masyarakat yang sejahtera dan berakhlaq mulia, dan memiliki misi:

  1. Meningkatkan sumber daya manusia atas dasar iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam rangka pelayanan masyarakat.
  2. Menumbuh kembangkan potensi masyarakat desa guna mendukung pembangunan.
  3. Menjamin dan mendorong usaha untuk menciptakan pembangunan di segala bidang yang berwawasan lingkungan sehingga usaha pembangunan berkelanjutan dan lebih terarah serta bermanfaat.
  4. Meningkatkan peran serta perempuan dalam bidang pembangunan.
  5. Menguatkan dan menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam bidang pembangunan baik mulai perencanaan, pelaksanaan, sampai pemeliharaan.

Desa Bogoran memiliki lembaga masyarakat desa yang terdiri dari, TP PKK, BUMDes, Karang Taruna, RT/RW, Linmas, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat. Desa Bogoran memiliki Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berupa industri makanan seperti alen-alen, tempe keripik, dan keripik sagu. Kemudian terdapat juga industri alat rumah tangga seperti, sikat dan sapu. Serta industri material bahan bangunan yaitu kayu.

Menurut sumber cerita dari para sesepuh desa, diketahui bahwa terbentuk desa Bogoran berasal  dari riwayat jaman dulu kala, yaitu suatu kampung yang banyak terdapat tanaman Bagor. Berdasarkan riwayat tersebut maka dikenal maka  daerah ini dikenal dengan nama Desa Bogoran sampai sekarang.

Batas wilayah Desa Bogoran adalah sebagai berikut :

Sebelah utara

:

Desa Bendoagung dan Desa Timahan

Sebelah barat 

:

Desa Pringapus

Sebelah selatan

:

Desa Karangrejo dan Desa Ngadimulyo

Sebelah timur

:

Desa Bendoagung

Orbitasi Desa Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek:

  1. Jarak ke Ibukota Kecamatan adalah 1 km; lama jarak tempuh ibukota kecamatan dengan kendaraan bermotor sekitar 10 menit; dengan berjalan kaki atau kendaraan non-bermotor sekitar 0.30 jam.
  2. Jarak ke ibukota kabupaten/ kota adalah 21 km; lama jarak tempuh ke ibukota kabupaten dengan kendaraan bermotor sekitar 0.45 jam; lama jarak tempuh ke ibukota kabupaten dengan jalan kaki/ kendaraan non-bermotor sekitar 2 jam; kendaraan umum ke ibukota kabupaten sekitar 10 unit.
  3. Jarak ke ibukota propinsi adalah 196 km; lama jarak tempuh ke ibukota propinsi dengan kendaraan bermotor sekitat 5 jam; lama jarak tempuh ke ibukota propinsi dengan jalan kaki/ kendaraan non-bermotor sekitar 48 jam; kendaraan umum ke ibukota propinsi sekitar 100 unit.

Desa Bogoran terdiri dari 3 Dusun, 11 RW 38 RT, yaitu:

  1. Dusun Krajan, terletak di sebelah selatan
  2. Dusun Branjang, terletak di tengah
  3. Dusun Gambar, terletak di sebelah utara

Luas wilayah Desa Bogoran 971 ha. Dari luas wilayah tersebut, pemanfa atannya adalah sebagai berikut :

Pertanian

:

41.80 ha

Hutan negara

:

412.00 ha.

Pekarangan/Permukiman

:

205.65 ha

Lalin-lain

:

311.55 ha

 Potensi pertanian di Desa Bogoran berupa tanaman pangan yaitu padi dan jagung, tanaman buah-buahan yaitu durian, pisang, manggis dan langsep, serta tanaman perkebunan. Terdapat juga tanaman apotik hidup, yaitu jahe, kunyit dan lengkuas. Jenis populasi ternak di Desa Bogoran meliputi, sapi, ayam kampung, jenis ayam boiler, kambing, domba dan angsa.

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

Instagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Bogoran

tampilkan dalam peta lebih besar