KKN UM DESA BOGORAN MENYEHATKAN MANULA DENGAN POSYANDU LANSIA

KKN_UM 29 Juni 2019 12:10:50 WIB

Posyandu Lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu, begitu juga dengan di Desa Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek. Desa Bogoran juga memiliki Posyandu Lansia yang rutin melaksanakan kegiatan Posyandu.. Posyandu Lansia di Desa Bogoran ini terbagi menjadi 2 Pos wilayah sesuai dengan kondisi geografis Desa Bogoran. Posyandu Lansia di Desa Bogoran ini digerakkan oleh masyarakat dan dibantu dengan Puskesmas Kecamatan Kampak dimana mereka bisa memperoleh pelayanan kesehatan disetiap bulannya.

Posyandu  tak hanya berkutat seputar kesehatan anak dan balita saja, teteapi juga seputar kesehatan orang lanjut usia. Kegiatan yang terlaksana di Posyandu Lansia di Desa Bogoran terfokuskan dalam upaya preventif dan promosi kesehatan, yaitu cek kesehatan rutin, senam, dan pemberian makanan tambahan untuk lansia. Harapan dengan adanya kegiatan ini adalah yang sehat akan tetap dan lebih sehat, dan yang sakit menjadi sehat kembali. Tak hanya itu, kegiatan pemeriksaan laboratorium seperti, pemeriksaan kolesterol, asam urat dan gula darah juga dilakukan di Posyandu lansia Desa Bogoran.

Sebelum melakukan cek kesehatan peserta posyandu lansia melakukan senam pagi terlebih dahulu dengan instruktur yang telah terlatih, senam lansia ini merupakan senam terkhususkan untuk peserta lansia dengan durasi 5-10 menit. Peserta lansia yang hadir dalam posyandu di setiap bulannya terdiri dari 30 peserta. Senam dan cek kesehatan ini dilaksanakan di minggu ke-2 di setiap bulannya. Pelaksanaan senam dan cek kesehatan di Dusun Krajan dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2019.

Dalam kegiatan posyandu lansia yang mayoritas beranggotakan perempuan ini, ada kendala yakni ketika waktu pelaksanaan terjadi hujan maka senam dilakukan di dalam ruangan dengan kapasitas ruangan yang tidak mencukupi. KKN UM dalam melakukan pengabdian ini pada prinsipnya adalah  untuk meningkatkan dan mengoptimalkan upaya pelayanan kesehatan lansia.

Dalam pelaksanaan cek kesehatan, lansia di cek tensi darah, berat badan, dan cek laboratorium. Dalam kegiatan posyandu lansia dibantu oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Kampak. Lansia juga dapat berkonsultasi mengenai keluhan-keluhan yang Lansia rasakan dalam aktivitas sehari-hari.

 

Komentar atas KKN UM DESA BOGORAN MENYEHATKAN MANULA DENGAN POSYANDU LANSIA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

Instagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Bogoran

tampilkan dalam peta lebih besar