BERSAMA KKN UM GENERASI MUDA SADAR BUDAYA

KKN_UM 29 Juni 2019 12:12:41 WIB

Seni Tari adalah seni yang menggunakan gerakan tubuh secara berirama yang dilakukan ditempat dan waktu tertentu untuk keperluan mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Tarian merupakan perpaduan dari beberapa unsur yaitu raga, irama, dan rasa.

Tari tradisional merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang perlu dijaga dan dilestarikan. Dalam rangka melestarikan budaya tari tradisional Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang mengadakan program kerja pelatihan tari yang diperuntukkan bagi anak-anak usia Sekolah Dasar di Desa Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek.

Program kerja pelatihan tari tradisional ini dilaksanakan di halaman SDN 1 Bogoran. Program kerja pelatihan tari tradisional ini dimulai pada tanggal 16 Juni – 02 Juli 2019. Setiap harinya program tersebut dilaksanakan dengan durasi dua jam yaitu dimulai pukul 15.00-17.00 WIB.

 

Peserta pelatihan tari berjumlah 30 peserta. Tari daerah yang diajarkan ada 3 tarian yaitu tari Jaranan, tari Jumpritan, dan tari Guyub Tumandang. Mahasiswa KKN UM yang melaksanakan program kerja pelatihan tari ini ada 3 Mahasiswa yaitu dua Mahasiswi yang berasal dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan seorang Mahasiswa dari Program studi Pendidikan Sejarah.

Selama latihan tari berlangsung para peserta tari sangat antusias dalam mengikuti latihan hal ini ditunjukkan dengan banyaknya peserta yang cepat hafal gerakan tari yang diajarkan.

 Dengan adanya pelatihan Tari untuk anak-anak usia Sekolah Dasar di Desa Bogoran ini kami dari Mahasiswa KKN UM berharap hasil dari pelatihan tari ini dapat melestarikan salah satu kesenian tradisional yang semakin pudar sebab kurangnya publikasi, edukasi, dan minat dari generasi muda daerah Desa Bogoran. Selain itu, program kerja pelatihan tari ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan bakat anak-anak di Desa Bogoran dalam melestarikan tari tradisional di Indonesia.

Komentar atas BERSAMA KKN UM GENERASI MUDA SADAR BUDAYA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

Instagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Bogoran

tampilkan dalam peta lebih besar