GALI POTENSI DIRI BERSAMA TP PKK DAN KKN UM DESA BOGORAN

KKN_UM 29 Juni 2019 12:16:32 WIB

Dengan terselenggaranya kegiatan program Kuliah kerja Nyata (KKN) yang setiap tahun di adakan oleh Universitas Negeri Malang ini, memiliki kesempatan bagi mahasiswa UM asli trenggalek untuk pulang kampung dan mengabdi untuk masyarakat daerah asalnya. Salah satu desa yang menjadi tempat KKN adalah Desa Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek. Seperti kegiatan KKN biasanya, di desa Bogoran terdapat 20 Mahasiswa yang siap mengabdi di sana. Beberapa bentuk program kerja yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN di desa Bogoran  salah satunya adalah suatu pelatihan bagi masyarakat. Dilihat daerah Bogoran yang hampir banyak perempuan disana menjadi TKW diluar negeri, untuk menekan angka TKW tersebut maka mahasiswa KKN Bogoran menyelanggarakan pelatihan yang dikhususkan untuk ibu-ibu.

 Kuliah Kerja Nyata merupakan kegiatan keilmuan yang dapat digunakan untuk membantu masyarakat berdasarkan hasil wawancara dengan Kepala Desa Bogoran, Ihsanuddin S.E menyatakan  ”UMKM di desa Bogoran sudah berjalan dengan baik namun masih terbatas hanya berkembang dalam produksi makanan saja, belum ada hasil UMKM yang berupa produk yang memiliki nilai seni ataupun keindahan”. Sambung Ihsanuddin S.E “Saya pribadi selaku kepala desa sangat senang dengan program-program kerja yang adik-adik recanakan, karena dapat memberikan kesibukan kepada ibu-ibu muda yang belum memiliki pekerjaan dirumah, dan daripada HP cuma digunakan hal yang kurang bermanfaat dengan sosialisasi dan pemberdayaan yang adik-adik KKN lakukan insya Allah akan menjadi barokah dan manfaat, apalagi jika ada suatu pelatihan ibu-ibu muda dapat membuat usaha kecil dirumah yang akan menekan TKW di desa Bogoran”.

Pelatihan yang akan diselenggarakan oleh KKN Bogoran ini adalah bahan dasar dari Talikur, yang biasanya hanya digunakan untuk kegiatan pramuka maka akan diubah menjadi acessoris yang menarik dan bernilai tinggi. Bros rajut dari benang talikur meupakan hiasan yang digunakan untuk mempercantik dan digunakan seorang wanita untuk accesoris, dimana saat ini trend menggunakan jilbab dengan berbagai model dengan ditunjang accesoris yang indah menambah estetika dan nilai jilbab tersebut.

 

 

Pelatihan dan Sosialisasi dengan Tema Teknik Pemasaran Dagang dan Pembuatan Bros Rajut ini dilaksanakan pada Kamis 26 Juni 2019 yang dilaksanakan di Posyandu Desa Bogoran yang diikuti oleh Ibu-ibu PKK serta Ibu-ibu Muda desa Bogoran, ini dilakukan dua tahap pada tahap pertama dilakukan Sosialisasi pemasaran online oleh mahasiswa KKN yakni Citra Cahyaningtyas Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi UM dan pada tahap kedua yakni Pelatihan pembuatan Bros Talikur yang dibimbing oleh Ibu Murlita yang ahli dalam bidangnya. Sosialisasi dan pelatihan ini dapat menjadikan hal yang bermanfaat untuk desa Bogoran dan dapat berkelanjutan yang dapat membangun perekonomian desa dengan adanya UMKM yang baru.

Komentar atas GALI POTENSI DIRI BERSAMA TP PKK DAN KKN UM DESA BOGORAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

Instagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Bogoran

tampilkan dalam peta lebih besar