Satgas Desa Bogoran Lawan Corona

admin bogoran 05 Mei 2020 10:18:58 WIB

Berikut adalah himbauan dari bapak Bupati Trenggalek yang wajib kita taati dan patuhi.

"Assalamualaikum Wr. Wb. 

Para Sesepuh, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat yang saya hormati, Seluruh masyarakat Trenggalek yang saya cintai, 

Mengingat perkembangan pandemi atau wabah global virus corona (covid-19), saya Bupati Trenggalek bersama TNI/POLRI ingin berbicara dari hati ke hati kepada Bapak/Ibu/Saudara sekalian. Kita tidak pernah meminta virus ini datang, akan tetapi penyebaran virus ini begitu cepat melalui kontak fisik seperti bersalaman, terpercik bersin/batuk, menyentuh barang yang terpapar virus, dsb. Maka, agar rantai penyebaran virus ini bisa dipotong, kami berharap Bapak/Ibu/Saudara disiplin menerapkan pola hidup bersih sehat serta melakukan "pembatasan sosial". Apa itu "pembatasan sosial"? Menghindari kerumunan massa dan sementara tinggal dirumah selama 14 hari kedepan, kecuali alasan mendesak.

Adapun hal-hal yang perlu dipatuhi adalah:

  1. Jaga kesehatan untuk meningkatkan daya tahan tubuh,
  2. Cuci tangan pakai sabun sesering mungkin dan hindari menyentuh wajah,
  3. Ketika batuk dan bersin, tutup menggunakan tisu atau lekukan siku kemudian segera cuci tangan setelahnya,
  4. Jika anda sehabis bepergian keluar negeri atau kota yang terjangkit seperti Surabaya, Jakarta, Solo, Malang, dan sekitarnya, lebih baik berada dirumah selama 14 hari kedepan,
  5. Jika ditemukan gejala panas, batuk/pilek disertai sesak, hubungi call center 119 atau 08113606119,
  6. Hindari membuat kerumunan atau mendatangi tempat yang memicu kerumunan,
  7. Resepsi pernikahan/pengajian umum/even dan konser dilarang diselenggarakan demi kemaslahatan bersama,
  8. Pengajian rutin (yasinan atau tahlilan) dan menghormat rumah duka dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan antara lain, a) jarak antar orang lebih dari 1 meter; b) disediakan tempat cuci tangan; c) tidak bersalaman dan; d) tidak berlama-lama ditempat acara (secukupnya),
  9. Warung makan dan kafe hanya boleh melayani pesan antar (bisa via ojek online) atau bawa pulang, tidak boleh makan ditempat untuk menghindari kerumunan, serta jaga selalu kebersihan makanan. Sedangkan tempat wisata dan hibiran wajib tutup! 

Kami dengan berat hati menghimbau dan melarang beberapa hal ini, bukan karena kami tidak menyukai hal tersebut, akan tetapi karena kami lebih mencintai masyarakat Trenggalek dan Indonesia, agar terhindar dari ancaman virus corona. Memang beberapa orang yang terjangkit virus ini bisa sembuh akan tetapi jika kita tidak disiplin mematuhi hal-hal tersebut diatas maka akan banyak orang terjangkit dan dikhawatirkan ketersediaan fasilitas kesehatan tidak berbanding lurus dengan jumlah korban terjangkit, yang ujungnya berujung pada kefatalan, mengingat virus ini dengan mudah menyebar, bahkan WHO (Badan Organisasi Kesehatan Dunia) menyatakan bahwa virus ini bisa bertahan selama 3 jam di udara. Dengan perasaan hormat dan cinta saya yang mendalam, mohon hal tersebut bisa dimengerti dan dipatuhi. 

Hormat Kami,

Bupati Trenggalek 

Mochamad Nur Arifin 

Komentar atas Satgas Desa Bogoran Lawan Corona

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

Instagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Bogoran

tampilkan dalam peta lebih besar