Senam Sehat Bersama Lansia dan KKN UIN SATU

admin bogoran 01 September 2022 09:55:03 WIB

Bogoran, Kampak – Pada tanggal 16 Agustus 2022 hari Selasa Jam 09.30 divisi berdesa mengikuti kegiatan senam lansia yang diadakan di RT 5 dusun Krajan desa Bogoran Kecamatan Kampak. Hal ini diadakan karena para lansia yang notabennya memiliki riwayat penyakit seperti jantung, penurunan masa otot dan lain sebagainya. Dengan melakukan olahraga seperti senam lansia dapat mencegah atau melambatkan kehilangan fungsional tersebut. Senam lansia ini dihadiri oleh para lansia yang ada di dusun Krajan desa Bogoran. Tujuan dari diadakan Senam Lansia adalah untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan lansia melalui senam.

Kegiatan posyandu lansia dimanfaatkan untuk memeriksa kesehatan dan senam lansia. Kegiatan yang rutin dilaksanakan sebulan sekali ini semakin diminati oleh warga karena adanya layanan pengecekan gratis berat badan, ukur lingkar perut, asam urat, gula darah dan kolesterol. Selain periksa kesehatan terdapat juga kegiatan senam lansia. Senam lansia adalah olahraga ringan dan mudah dilakukan, tidak memberatkan yang diterapkan pada lansia. Aktifitas olahraga ini akan membantu tubuh agar tetap bugar dan tetap segar karena melatih tulang tetap kuat, mendorong jantung bekerja optimal dan membantu menghilangkan radikal bebas yang berkeliaran di dalam tubuh.

Lanjut usia merupakan suatu bagian dari tahap perjalanan hidup manusia, Lansia adalah tahap menurunnya kemampuan akal dan fisik, yang dimulai dengan adanya beberapa perubahan dalam hidup, seseorang akan mengalami penurunan tugas dan fungsi ini dan memasuki tahap lanjut. Aktivitas olahraga ini akan membantu tubuh tetap bugar dan segar karena melatih tulang tetap kuat, mendorong jantung bekerja optimal, dapat dikatakan bugar, atau dengan perkataan lain mempunyai kesegaran jasmani yang baik bila jantung dan peredaran darah baik sehingga tubuh seluruhnya dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Ibu dan Bapak para Lansia yang mengikuti kegiatan senam lansia  mereka terlihat begitu bersemangat dalam melakukan gerakan-gerakan senam yang diperagakan instruktur senam dari Puskesmas. Walaupun sudah berumur, namun dengan kesadaran mereka mengikuti kegiatan senam. Walaupun sesekali mereka berhenti sejenak, demi untuk menghela nafas, bahkan ada yang berhenti sebentar. Senam lansia ini dilakukan oleh  20 orang . Tidak ada  biaya dan masyarakat Desa Bogoran. Hasil yang dicapai adalah terciptanya hidup sehat dan masyarakat dapat menjaga kesehatan dan tidak timbulkan bibit-bibit penyakit yang tidak diinginkan. Kegiatan yang sudah rutin ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Desa, Bidan Desa, dan Puskesmas.

Komentar atas Senam Sehat Bersama Lansia dan KKN UIN SATU

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

Instagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Bogoran

tampilkan dalam peta lebih besar