Kemeriahan Perayaan HUT RI Ke-77 di Dukuh Guli, Desa Bogoran

admin bogoran 01 September 2022 09:56:52 WIB

Bogoran, Kampak – Merdeka! Selamat hari kemerdekaan RI yang ke-77. Pada hari Rabu, tanggal 17 Agustus 2022, seluruh warga Dukuh Guli merayakan HUT RI yang ke-77. Perayaan tersebut dimeriahkan dengan diadakannya berbagai macam perlombaan. Perlombaan yang diadakan, memungkinkan semua warga dukuh untuk berpartisipasi, mulai dari perlombaan tingkat balita hingga orang dewasa. Tidak hanya ibu-ibu, bapak-bapak pun ikut berpartisipasi dalam perlombaan tersebut. Masih banyak kegiatan lain yang diadakan untuk memeriahkan HUT RI di Dukuh Guli, diantaranya yaitu kirab atau pawai karnaval yang dilanjutkan dengan pertunjukkan jaranan dan diakhiri dengan acara karaokean bersama serta penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba dan undian kupon berhadiah.

Dukuh Guli berada di Dusun Branjang, Desa Bogoran, Kecamatan Kampak. Dukuh ini menaungi beberapa RT, diantaranya yaitu RT 20, RT 29, dan RT 30. Tempat wisata yang terkenal di Dukuh Guli ialah air terjun Curug Mangir yang terletak di RT 20. Untuk mencapai Dukuh Guli, kami harus berkendara sekitar 20 menit dari Balai Desa Bogoran melewati hutan dan jalan yang naik, turun, serta berkelok. Namun, pemandangan yang disuguhkan selama perjalanan tidak main-main. Terdapat banyak perbukitan yang saling bergandengan dengan pepohonan yang sangat subur.

Setelah sampai disana, kami disambut oleh ketua RT 20, kami diarahkan menuju tempat parkir dan posko yang akan digunakan sebagai tempat bersantai saat acara dilaksanakan. Acara pertama yaitu lomba, mulai dari tingkat balita sampai orang tua. Perlombaan dimulai sekitar pukul 9 pagi, diawali dengan lomba memindahkan bola dengan partisipasi dari balita sampai anak usia TK. Selanjutnya  lomba dot, yaitu lomba untuk menghisap teh yang berada dalam botol dot bayi, dengan peserta yaitu anak usia SD. Perlombaan selanjutnya, partisipasi dari ibu-ibu. Terdapat 2 lomba untuk ibu-ibu, yaitu lomba estafet sarung dan lomba tuang air. Diantara lomba estafet sarung dan lomba tuang air terdapat jeda untuk dua perlombaan, yaitu lomba tangkap lele yang partisipannya campuran, mulai anak remaja hingga lansia awal dan lomba panjat debog yang partisipannya merupakan laki-laki mulai dewasa awal hingga orang tua.

Ba’da dzuhur, kegiatan  tujuh belasan dilanjutkan dengan kirab atau pawai karnaval yaitu sekitar pukul 13.30 sampai ba’da ashar, yaitu sekitar pukul 16.00. Karnaval Dukuh Guli, berjalan sesuai urutan yang telah disepakati, mulai dari RT 20, RT 30, sampai RT 29. Berdasarkan kirab karnaval yang dilakukan, terlihat bahwa setiap RT memiliki keunikan masing-masing. Pada RT 20 dan RT 30, mereka memperlihatkan kebersamaan melalui kegiatan berjoget atau senam bersama. Sedangkan RT 29, menampilkan seni tari Jaranan. Kegiatan pawai karnaval diakhiri dengan penampilan seni tari jaranan yang ditampilkan oleh RT 29.

Acara puncak dilaksanakan pada malam hari, yaitu ba’da isya’ sekitar jam 8 malam dan selesai sekitar jam 10 malam. Acara terakhir ini bertujuan untuk membagikan hadiah kepada para pemenang dan undian kupon kepada orang yang beruntung. Kupon undian telah di bagikan saat kedua kegiatan sebelumnya dilaksanakan. Satu kupon berharga 2 ribu rupiah, dengan hadiah utama berupa kompor gas. Pengumuman pemenang diselingi dengan karaokean bersama, yaitu bagi yang ingin menyumbang lagu, dipersilahkan. Kemeriahan perayaan HUT RI ke-77 di Dukuh Guli begitu terasa. Hal tersebut dapat dilihat dari semangat membara para partisipan dan kemeriahan acara yang dilaksanakan.

Komentar atas Kemeriahan Perayaan HUT RI Ke-77 di Dukuh Guli, Desa Bogoran

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

Instagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Bogoran

tampilkan dalam peta lebih besar